Rabu, 05 Januari 2011

Perubahan Bentuk Tubuh Lebah

Dalarm siklus hidupnya, lebah mengalami empat fase yang berbeda : telur, larva, pupa, dan lebah dewasa.

Seperti serangga yang lain, lebah juga mengalami metamorfosis. Larvanya sangat berbeda dengan lebah dewasa. Pada masa pertumbuhannya, ia mengalami perubahan-perubahan penting. 

Lebah ratu meletakkan sebutir telur di dalam sebuah lubang kecil yang disebut bilik. Walaupun semua telurnya tampak sama, sebenarnya ada dua jenis telur. Telur yang telah dibuahi adalah calon lebah betina dan telur yang tak dibuahi merupakan calon lebah jantan. 

Tiga hari kemudian telur menetas menjadi larva. la tidak mempunyai sayap atau kaki dan tampak seperti seekor ulat. Makanannya sangat banyak sehingga tumbuh dengan cepat. Dalam waktu singkat tubuhnya telah memenuhi ruang biliknya. 

Pada saat ini ia memasuki fase pupa. Lebah pekerja menutup pintu bilik rapat-rapat. Di dalamnya perubahan yang luar biasa sedang terjadi. Tubuh pupa mengalami perubahan bentuk sedikit demi sedikit. Sayap dan kakinya mulai tumbuh. Setelah proses metamorfosis selesai lebah dewasa muncul dari pupa dalam bentuk yang telah sempurna.

Metamorfosis lebah pekerja dan lebah pejantan berlangsung dari 21 hingga 24 hari. Lebah ratu dilahirkan setelah 16 hari.[2]


ARTIKEL TERKAIT:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar