Sabtu, 10 September 2011

Pasangan Ideal : Ratu dan Raja Lebah

Satu-satunya ratu yang ada dalam setiap koloni tugasnya hanyalah bertelur. Selama hidupnya yang mungkin berlangsung selama tiga sampai lima tahun, lebah ratu tidak pernah meninggalkan sarangnya. Ia hidup hanya untuk bertelur.
Lebah ratu berasal dari telur yang telah dibuahi. Selama masa pertumbuhannya lebah pekerja memberinya makanan khusus berupa royal jelly.
Dari seluruh penghuni sarang, lebah ratu adalah yang terbesar. Abdomennya lebih panjang, sengatnya halus dan melengkung. Ia tidak menyerang manusia atau hewan seperti halnya lebah pekerja. sengatnya hanya dipergunakan untuk menyengat lebah ratu yang lain. Dalam sehari ia dapat bertelur sampai 2.000 butir, tergantung pada spesies dan umurnya.
Lebah pejantan atau raja, tidak bekerja. Mereka tidak bisa mencari makan sendiri dan tidak bersengat. Cirinya yang menarik perhatian adalah matanya yang besar. Mata tersebut terdiri dari faset yang lebih banyak dari pada faset pada mata lebah pekerja atau lebah ratu.
Umurnya kira-kira hanya tiga bulan dan tugasnya hanya mengawini lebah ratu muda.
Lebah ratu selalu dikelilingi lebah pekerja yang pernah berhenti menyentuhnya dengan antena untuk menerima pheromone. Lebah pekerja juga saling menyentuh untuk menghantarkan energi dari lebah ratu ke seluruh penjuru sarang.
Sebenarnya tidak sulit membedakan ketiga jenis lebah di dalam satu sarang. Lebah ratu ukurannya paling besar. Abdomennya panjang dan ramping. Lebah pekerja adalah yang terkecil. Lebah pejantan abdomennya lebih pendek dan gemuk dari pada abdomen lebah ratu.

ARTIKEL TERKAIT:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar