Jumat, 14 Oktober 2011

Lebah Pekerja Siap Melayani Lebah Ratu

Lebah pekerja adalah lebah penghuni sarang yang paling banyak. Mereka semua adalah lebah betina steril yang tidak dapat bertelur. Seperti lebah ratu mereka juga berasal dari telur yang telah dibuahi, tetapi jenis makanan yang diterimanya ketika masih berwujud larva berbeda, sehingga perkembangannya pun berbeda.

Lebah pekerja bertugas melakukan setiap pekerjaan di dalam koloninya. "Bakul" di kedua kaki belakang mereka gunakan untuk mengangkat serbuk sari, yang mereka kumpulkan dari bunga. Tugasnya yang lain adalah membuat madu yang lezat, memberi makanan lebah ratu, lebah muda dan lebah jantan. Mereka membangun sarang dengan lilin lebah yang mereka hasilkan.

Dengan sengatnya yang lurus dan berduri, mereka menyerang apapun yang mencoba mengganggu atau berusaha memasuki sarangnya. Tetapi, mereka tidaj pernah menyerang lebah ratu.

Lebah pekerja membaut madu dari nektar yang diulurkan dari satu lebah kepada lebah yang lain (1). Mereka juga memeriksa dan mengisi bilik-bilik penyimpanan (2) dan (3).

ARTIKEL TERKAIT:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar